Kamis, 02 Agustus 2012

Inilah Jawaban Ujian PJJ menurut Ane

Soal ke-1

Perbedaan dari sisi :

  1. Pengajar (Guru/Dosen)
  2. Di dalam pengajaran tatap muka dan pengajaran jarak jauh seorang pengajar terdapat perbedaannnya yaitu untuk pengajaran tatap muka seorang pengajar harus menyiapkan sebuah tempat, bahan ajar , penjadwalan dan harus menguasai sebuah materi yang ingin pengajar ajarkan. Namun pengajar bisa mengajari murid didiknya hingga mereka bisa karena peserta didik bisa menanyakan apa yang mereka tidak bisa. Sedangkan untuk pendidikan jarak jauh mungkin lebih efisien karena seorang tidak perlu menyiapkan sebuah tempat dan penjadwalan karena itu bebas dilakukan dengan kenginginan peserta didiknya dan untuk proses pembelajarannya seorang pengajar tidak perlu menyiapkannya karena itu sudah tergantung pada siswa didiknya.

  3. Peserta Didik (Siswa/Mahasiswa)
  4. Untuk pendidikan tatap muka bagi seorang peserta didik mungkin efisien tapi harus dengan mengeluarkan pengeluaran yang cukup besar karena peserta didik diharuskan menuju tempat pengajaran tatap mukanya dan harus mengikuti apa yang bakal diajarkan oleh pengajar dengan ditentukannya waktu pengajaran karena itu biaya udah mahal tapi untuk proses belajar tidak bisa setiap hari atau tidak bisa dilakukan dengan keinginan seorang peserta didik. Namun pada pendidikan jarak jauh peserta didik bisa menentukan waktu dan pelajaran apa yang bakal peserta didik inginkan. Namun peserta didik tidak bisa melakukan proses Tanya jawab karena jarak yang ditempuh sangat jauh dan juga bisa terkendala mungkin karena jaringan internet yang digunakan seorang peserta didik tidak stabil sehingga menyebabkan proses belajar jarak jauh kurang begitu lancer. Namun proses pembelajaran jarak jauh seorang peserta didik tidak perlu merogoh saku terlalu dalam karena yang mereka perlukan cuma sebuah media agar bisa dilakukannya pembelajaran jarak jauh tersebut.

  5. Bahan ajar yang digunakan
  6. Untuk proses tatap muka bahan yang diajarkan berasal dari seorang pengajar karena setiap peserta didik tidak bisa melakukan pemilihan bahan yang diajarkan karena sudah menjadi system paket untuk bahan ajar yang bakal digunakan. Sedangkan pada pembelajaran jarak jauh untuk bahan ajar yang digunakan itu tergantung terhadap peserta didiknya sendiri karena pada pembelajaran jarak jauh tidak mempunyai system paket bahan ajar oleh karena itu peserta didik bebas memilih bahan ajar apa yang mereka inginkan.

Soal ke-2

Kriteria yang digunakan untuk melakukan pendidikan jarak jauh yaitu :

  • Terpisahnya guru dan siswa. Karakteristik inilah yang membedakan PJJ dari pendidikan konvensional.
  • Adanya lembaga yang mengelola PJJ. Hal ini yang membedakan orang yang mengikuti PJJ dari orang yang belajar sendiri (self study).
  • Digunakannya media (biasanya media tercetak) sebagai sarana untuk menyajikan isi pelajaran.
  • Digunakannya media (biasanya media tercetak) sebagai sarana untuk menyajikan isi pelajaran.
  • Pada dasarnya PJJ itu bersifat pendidikan individual. Pertemuan tatap muka untuk melengkapi proses pembelajaran berkelompok maupun untuk sosialisasi dapat bersifat keharusan, pilihan, ataupun tidak ada sama sekali tergantung kepada organisasi penyelenggaranya.

Soal ke-3

Faktor pendukung maupun kendala perkembangan PJJ di Indonesia :

Untuk factor pendukungnya mungkin di Indonesia udah banyak sekali karena pasti udah banyak masyarakat Indonesia mengetahui apa itu internet karena itu banyak sekali factor pendukung yang terdapat di Indonesia ini.

Namun untuk kendala di Indonesia yaitu mungkin masalah daerah karena mungkin banyak daerah yang belum mengetahui sebuah teknologi informasi dan itulah kenapa masih terjadi kendala untuk melakukan pendidikan jarak jauh di Indonesia ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar